Jumat, 07 Agustus 2015

Aquabis Investasi 25 Juta Dolar AS untuk Budidaya Botia di Karimun

Satu lagi perusahaan asing melirik potensi maritim di Kabupaten Karimun, khususunya di Kecamatan Moro. Adalah PT Aquabis Island asal Australia yang menanamkan investasi untuk pengembangan budidaya ikan botia di perairan Pulau Cik Lim. Nilai investasi yang ditanamkan mencapai 25 juta dolar Amerika.

Kepastian PT Aquabis berinvestasi di Bumi Berazam, setelah perwakilan perusahaan di Singapura menemui Bupati Karimun Nurdin Basirun, Rabu (7/1) kemarin. Di hadapan orang nomor satu di Karimun itu, diutarakan niat PT Aquabis untuk segera merealisasikan pembudidayaan ikan botia yang bernilai ekspor.

Terutama tujuan Amerika, dan Eropa dengan harga tinggi. Untuk pemilihan wilayah, mereka sudah melakukan pemantau perairan di Moro sejak empat tahun lalu.

”Kita menyambut baik niat PT Aquabis berinvestasi. Ini merupakan salah satu penguatan poros maritim yang tengah digalakkan pemerintah Indonesia,” ungkap Nurdin Basirun.

Oleh karenanya, sebut Nurdin, Pemerintah Kabupaten Karimun akan mendorong agar perusahaan tersebut segera berjalan. Dengan demikian, akan semakin membuka peluang lapangan kerja bagi warga tempatan. Selain itu, juga bisa dijadikan alih transfer ilmu. Mengingat, peralatan yang digunakan merupakan peralatan modern dan canggih.

”Sudah pasti, masuknya perusahaan asing ini semakin membuka peluang lapangan kerja bagi warga tempatan. Kita berharap ada alih teknologi,” papar Nurdin.

Meski wilayah perairan Cik Lim yang berada di perairan terbuka, menurut Direktur PT Aquabisa, Martin, tidak menjadi masalah. Karena, teknologi pembiakan ikan botia menggunakan teknologi canggih bak aquarium raksasa yang ditanamkan di dalam laut.

”Tidak masalah meski berada di perairan terbuka. Karena pengembangbiakan ikan botia menggunakan sarana bak aquarium raksasa yang pengontrolannya pun menggunakan komputer,” jelas Nurdin menirukan ucapan Martin.

Untuk memastikan wilayah yang bisa dikembangkan budidaya ikan botia ini, Bupati Karimun Nurdin Basirun bersama instansi terkait, beserta perwakilan PT Aquabis akan langsung memantau ke lapangan, secepatnya. Sehingga, berkemungkinan bisa dikembangkan pula budidaya ikan botia ini di beberapa titik.

Sumber Berita:
www.batampos.co.id/08-01-2015/aquabis-investasi-25-juta-dolar-as-untuk-budidaya-botia-di-karimun/
Sumber Gambar:
3.bp.blogspot.com/-kDiliM8Ojas/UI39sPNh-JI/AAAAAAAABpU/jDNE9DTNcg4/s1600/download%252B(1).jpg

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 iPRESS. All rights resevered. Designed by Templateism

Free blogger Themes

Designed by Batam Indo Bisnis Copyright © 2014