Minggu, 30 Agustus 2015

Industri Galangan Kapal Batam Makin Cerah

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perindustrian menganggap masa depan industri maritim terutama galangan kapal di Batam masih cerah sejalan dengan realisasi program tol laut dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Dari jumlah utilisasi galangan kapal di Batam itu saja menyumbangkan 70 persen produksi di Indonesia. Dengan kuatnya utilitas itu, diyakini masih memiliki masa depan cerah dan bisa ikut mendukung program tol laut," kata Direktur Industri Maritim, Kedirgantaraan, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Hasbi Assiddiq Syamsuddin di Batam, Rabu, 10 Juni 2015.

Hal tersebut, kata dia, juga ditambah dengan langkah pemerintah yang sudah memberikan insentif bagi Batam serta realisasi kebijakan tol laut yang bisa meningkatkan utilitas produksi kapal di Indonesia.

Selain kebijakan promaritim dari pemerintah, dia juga meyakini industri galangan kapal di Batam layak menjadi salah satu poros maritim dunia dan bisa bersaing dengan kawasan lain seperti Penang, Malaysia; dan Cina. "Batam paling pas ketimbang Jakarta. Jumlah industrinya banyak, dan industri pendukungnya sampai 500 perusahaan," kata dia.

Namun demikian menurut Hasbi, masih ada tantangan yang harus dihadapi Batam di antaranya terbatasnya area perluasan industri dan pengembangan industri baru, terbatasnya skill tenaga kerja, persoalan unjuk rasa buruh, dan upah minimum.

Meski industri galangan kapal di Batam saat ini lesu akibat dampak kemerosotan ekonomi global, tapi dengan insentif yang ada menjadikan galangan kapal di Batam masih lebih baik. "Semua kemudahan sudah diberikan termasuk izin yang bisa diurus di Batam. Jadi tidak ada alasan tidak maju," kata Hasbi.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Firdausi Manti mengatakan saat ini ada sekitar 13 ribu kapal di Indonesia tapi dari jumlah tersebut hanya sebagian kecil produksi dalam negeri.

Pemerintah, kata dia, mendorong usaha galangan kapal di luar Batam dengan memberikan fasilitas seperti yang ada di Batam. Hal tersebut, menurutnya bisa mendorong perkembangan galangan kapal di luar Batam sehingga jumlah produksi dalam negeri semakin besar.

Sumber Berita dan Gambar:
http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/06/11/090674079/industri-galangan-kapal-batam-makin-cerah

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 iPRESS. All rights resevered. Designed by Templateism

Free blogger Themes

Designed by Batam Indo Bisnis Copyright © 2014